Minggu, 19 Februari 2012

Keterampilan Mengajar

Keterampilan mengajar meliputi beberapa skills:
1. Keterampilan Membuka Pelajaran
Membuka Pelajaran merupakan set induction dalam kegiatan mengajar, yaitu suatu upaya yang dilakukan oleh seorang pengajar untuk menciptakan pra kondisi bagi peserta didik agar mental dan perhatinnya terpusat pada pelajaran yang akan dibahas.
Adapun Komponen Membuka pelajaran antara lain:
G   : Get Attention (Menarik Perhatian)
L   : Link with previous session (Menghubungkan dengan pengalaman sebelumnya)
O  : Objectives session  (Menyampaikan objektuf)
S   : Structure (Penjelasan pokok materi, referensi dan metode untuk mencapai tujuan)
S    : Stimulate (Penjelasan tentang pentingnya topik dalam melakukan pekerjaan)
2. Keterampilan Menutup Pelajaran
Menutup pembelajaran (closure) ialah kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk mengakhiri pelajaran atau kegiatan belajar-mengajar. Tujuan closure :
a. Memberi gambaran menyeluruh tentang apa yang telah dipelajari siswa.
b. Mengetahui tingkat pencapaian siswa dan tingkat keberhasilan guru dalam proses belajar-mengajar.
3. Keterampilan Menjelaskan
Menjelaskan Pelajaran adalah keterampilan guru dalam menyampaikan bahan pelajaran kepada siswa secara lisan yang diorganisasikan secara terencana dan sistematis sehingga bahan pelajaran yang disampaikan guru tersebut dengan mudah dipahami siswa.
Efektivitas Menjelaskan:
R  :  Respect, sikap hormat dan menghargai terhadap orang lain.
E  :  Empathy, kemampuan menempatkan diri pada situasi atau kondisi yang dihadapi oleh orang lain (menyesuaikan dengan frame of reference)
A  :  Audible, dapat didengarkan atau dimengerti dengan baik.
C  :  Clarity, kejelasan dari pesan yang kita sampaikan.
H  :  Humble, tidak sombong dan menganggap diri paling benar ketika kita berbicara di depan orang lain.
4. Ketermpilan Bertanya
Cara Mengajukan Pertanyaan:
a. Ajukan pertanyaan ke seluruh kelas.
b. Beri waktu berfikir untuk merumuskan jawaban.
c. Tunjuk salah seorang siswa untuk menjawabnya.
d. Beri waktu untuk menjawab dan beri perhatian serta pertimbangan pada jawabannya.
Cara Penanganan Jawaban Siswa:
a. Jawaban yang benar ----- pujian
b. Jawaban yang benar sebagian -------- beri kesempatan kepada siswa lain untuk membetulkan jawaban.
c. Jawaban yang tidak benar ------ jangan memberikan kritik
d. Tidak ada jawaban sama sekali -------- arahkan pertanyaan pada siswa lain, atau sederhanakan pertanyaan.
5. Keterampilan Memberi Penguatan
Teknik memberi penguatan (Reinforment):
a. Positif Reinforment
Tindakan yang dilakukan guru setelah siswa berperilaku sesuai dengan yang telah diharapkan.
Tujuannya untuk memberi penghargaan pada perilaku siswa yang diharapkan.
Efeknya agar perilaku yang diharapkan terulang kembali.
Jenis reinforcement positif: ekspresi lisan, non verbal dan aktivitas.
b. Negative Reinforcement
Tindakan yang dilakukan guru setelah siswa berperilaku sesuai yang tidak diharapkan.
Tujuannya untuk menghilangkan perilaku yang tidak diharapkan.
Efeknya agar perilaku tersebut tidak terulang kembali.
Jenis reinforcement negatif: ekspresi lisan, non verbal dan aktivitas.
c. Extinguishing
Guru membiarkan perilaku yang tidak diharapkan dilakukan oleh siswa.
Tujuannya untuk menghlangkan perilaku yang tidak diharapkan agar perilaku tersebut tidak diulang kembali.
6. Keterampilan Mengelola Kelas
Kegiatan yang berkaitan dan ditujukan untuk menciptakan dan memelihara kondisi kelas agar kegiatan pemebelajaran dapat berlangsung secara efektif dan efisien:
- memberikan pujian
- memberikan hukuman
- membina hubungan yang positif
- mengembangkan aturan main
Pendekatan Pengelolaan Kelas:
a. Pengubahan Perilaku
- Penguatan Positif
- Penghukuman
- Penguatan Negatif
b. Iklim Sosio Emosional
- Mengenali diri sendiri dan menampilkan apa adanya
- Penerimaan dan kepercayaan pada siswa
- Pengertian dan kepercayaan pada siswa
- Pengertian dan Empati terhadap siswa
c. Proses Kelompok
- Keeratan hubungan antar siswa
- Semangat produktivitas
- Orientasi pada tujuan kelas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar