Kamis, 23 Februari 2012

Perencanaan SDM


Pada saat ini, kebutuhan akan sumber daya manusia yang berkualitas dan professional merupakan kunci utama bagi berkembangnya suatu organisasi. Apabila suatu organisasi dikendalikan oleh sumber daya manusia yang berkualitas maka tentunya tujuan organisasi tersebut dalam menjalankan visi dan misinya akan semakin mudah terwujud. Oleh karena itu, sumber daya manusia perlu direncanakan, dikelola secara tepat dan optimal sehingga kuantitas dan kualitas Sumber Daya Manusia yang ada dalam suatu organisasi benar-benar  sesuai dengan kebutuhan serta bisa menjadi aset yang berharga bagi organisasi dalam menghadapi persaingan global.
Pentingnya perencanaan Sumber Daya Manusia diyakini oleh berbagai kalangan sebagai asset yang fundamental yang dimiliki oleh suatu  bangsa. Berdasarkan pengamatan secara kasual, pengalaman banyak negara sudah membuktikan kebenaran pendapat tersebut. Keterbatasan sumber daya alam yang dimiliki oleh berbagi negara di dunia bukanlah faktor penghambat kemajuan suatu bangsa, tetapi jika mempunyai sumber daya manusia yang terdidik, terampil, tekun, berdisiplin, ternyata berhasil meraih kemajuan yang sangat besar. Sebagai contoh, Jepang yang saat ini menjadi negeri raksasa di dunia yang selalu leading dalam teknologi. Walaupun sumber daya alamnya terbatas, Jepang mampu membangun bangsanya melalui perencanaan sumber daya manusia yang optimal sehingga Jepang memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, berdedikasi tinggi terhadap cita-cita bangsanya serta berdisiplin.
Secara logika, bila negara memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia yang melimpah, tentunya akan lebih mudah mencapai kemajuan bangsanya. Namun sebaliknya  sumber daya alam yang melimpah tidak banyak artinya bila tidak dikelola dengan baik oleh  manusia. Artinya sumber daya manusia yang berkualitas lahir karena manajemen sumber daya manusia yang tepat dan optimal. Tanpa Manajemen SDM, pengelolaan, penggunaan dan pemanfaatan sumber daya lainnya tidak akan efektif dan efisien.
Berdasarkan uraian tersebut diatas jelas sudah bahwa perencanaan SDM sangatlah penting bagi tumbuh kembangnya suatu organisasi maupun bangsa dan negara. Dengan  perencanaan SDM dapat menghubungkan SDM yang ada untuk kebutuhan organisasi pada masa yang akan datang untuk menghindari mis manajemen dan tumpang tindih dalam pelaksanaan tugas.

Menurut Melayu SP. Hasibuan,  "MSDM  adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan MSDM peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat."
MSDM mengarahkan kegiatan suatu organisasi dalam mengelola sumber daya yang dimilki secara tepat, efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi dan kepentingan SDM-nya serta lingkup yang lebih luas, yaitu masyarakat, bangsa dan negara.

Perencanaan mutlak diperlukan mengingat setiap organisasi pasti menghadapi masa depan yang selalu diliputi ketidakpastian, baik dari segi sumber daya yang dimiliki ataupun karena situasi eksternal seperti kondisi sosial, ekonomi, politik, teknologi maupun competitor. Melalui perencanaan SDM:
1. Organisasi dapat memanfaatkan sumber daya manusia yang sudah ada dalam organisasi secara lebih baik.
2. Produktivitas kerja dari tenaga yang sudah ada dapat ditingkatkan.
3. Menentukan kebutuhan akan tenaga kerja di masa depan, baik dalam arti jumlah dan kualifikasinya untuk mengisi berbagai jabatan dan menyelenggarakan berbagai aktivitas baru kelak.
4. Menangani informasi ketenagakerjaan secara komprehensif.
5. Sebagai dasar penyusunan program kerja bagi satuan kerja yang menangani sumber daya manusia dalam organisasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar